Tuesday, November 11, 2014

Skyrim Introduction For Beginners


SKYRIM
- The Elder Scrolls V -






" I used to be an adventurer like you, then i took an arrow in my knee"


WHAT IS SKYRIM ?

Skyrim adalah sebuah game bergenre Hack n Slash RPG dimana para player berperan sebagai Dragonborn. Dragonborn adalah gelar legendaris yang diberikan pada seseorang yang ditakdirkan untuk mengalahkan para Dragon yang telah lama dipercaya punah dalam mitologi Skyrim. Beberapa fitur yang disajikan dalam game ini yaitu diantaranya adalah "Reality-based Leveling System", "Main Quest", "Side Quest", "Marriage", serta beberapa sistem pendukung game ini agar terlihat lebih real

Reality-based Leveling System mengharuskan para player untuk menaikan kekuatan sang Dragonborn dengan cara yang agak berbeda dengan game RPG lain nya. Dengan main skill yang memberi kebebasan player untuk bermain dengan playstyle build, player dapat menjadi seorang Swordsman dengan Two-Handed Sword, Knight dengan One-Handed Sword di dampingi Shield-Block, Archer dengan panah dan busur sebagai teman terbaiknya, Mage dengan 5 aliran spell yang berbeda yaitu Restoration yang menyembuhkan para pengikut (follower) , Illusion yang sangat berguna untuk memanipulasi pikiran kawan ataupun lawan, Alteration yang meminjam kekuatan alam untuk bertahan hidup ataupun membunuh lawan , Conjuration sebagai seorang summoner yang dapat menghidupkan unit seperti undead atau atronach , dan Destruction selaku aliran klasik seorang mage, yaitu menggunakan beberapa element dasar Fire , Ice , dan Shock sebagai metode menyerang lawan.

Skyrim juga menambahkan beberapa skill pendukung agar game lebih menarik, yaitu adalah Alchemy dimana player dapat meramu beberapa potion sebagai penyembuh ataupun  poison sebagai unsur untuk melemahkan musuh. Dalam Skyrim, juga ada banyak potion atau poison yang dapat ditemukan atau diracik oleh para player sendiri. Smithing skill yang sangat berguna untuk membuat armor dalam penjelajahan player di dunia Skyrim. Selain membuat armor, Smithing juga berguna untuk meng upgrade weapon dan armor untuk player. Nantinya weapon dan armor yang ditempa player dapat digunakan ataupun dijual. Enchanting skill yang sangat berguna untuk membuat sang Dragonborn bertambah kuat. Echanting adalah sistem dimana player dapat memasukan unsur boost untuk menaikan status Dragonborn, menaikan skill, ataupun berbagai hal yang mendukung untuk pertempuran dan pertahanan. Lockpicking, Pickpocket & Sneak adalah kategori bagi player yang gemar bermain sebagai Thief atau Assassin. Lockpicking sangat berguna untuk membuka kunci pada random chest yang dapat ditemui dalam padang Skyrim ataupun Random Dungeon, juga berguna untuk membuka kunci rumah para penduduk lokal, untuk mencuri tentunya. Pickpocket adalah untuk mencuri items dari inventory target dalam keadaan tersembunyi ( Sneak ). Sneak adalah skill pendukung player untuk melakukan serangan tersembunyi, mengurangi detection meter musuh. Speech adalah skill pendukung bagi Dragonborn untuk melakukan berbagai interaksi percakapan dengan lawan bicara, seperti membeli item dengan harga yang lebih murah, menjual item dengan harga yang lebih mahal, membujuk lawan bicara, menyogok, ataupun meng itimidasi lawan.

Skyrim memiliki Dragonborn Level, ini adalah level utama player. Setiap naik satu level, player dapat menaikan satu dari tiga status utama yaitu Health, Magicka, dan Stamina. Health berguna agar player memiliki Hitpoint yang lebih banyak serta lebih kebal akan serangan musuh. Magicka adalah Spellpoint bagi player yang memilih Mage sebagai profesi utama, sangat dibutuhkan untuk casting spell yang menuntut penggunaan Magicka yang sangat tinggi. Stamina berguna untuk berbagai hal,  Power-Attack bagi mereka sebagai penyerang jarak dekat, Zoom-Duration bagi para penyerang jarak jauh, sebagai Sprint-Duration untuk durasi player dalam melakukan sprint, dan sebagai Carry-Weight yang menentukan berapa banyak Dragonborn dapat mengangkat item dalam inventori nya.

Setiap naik level, Dragonborn juga mendapat satu skill point atau perks. Perks ini dapat di distribusikan dalam kategori build yang sesuai dengan playstyle para player. Jika kalian belum dapat mendistribusikan perks pada salah satu skill, player dapat menyimpan nya hingga skill yang akan dipilih memenuhi syarat. Untuk meningkatkan satu level, dibutuhkan satu atau beberapa level dari salah satu atau beberapa skill. Level pada salah satu skill dikatakan sebagai Sub-Level. Seiring meningkatnya Sub-Level, Main Level juga akan meningkat.

Player akan mendapatkan Main Quest secara langsung setelah menjalankan Main Quest sebelumnya. Side-Quest adalah quest yang sama sekali tidak berkaitan dengan Main Story dalam Skyrim. Kalian dapat mendapatkan uang dan menjadi teman bagi pemberi Quest saat kalian selesai menjalankan Quest yang diberikan.

Selain Magic Spell, sebagai Dragonborn, player juga mendapatkan keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki petualang lain nya. Shout atau teriak an yang dimiliki seorang Dragonborn untuk berbicara dengan bahasa Dragon sangat berguna untuk berbagai hal pendukung dalam pertempuran. Shout tidak mengharuskan player memiliki Magicka yang tinggi untuk menggunakan nya, tapi Shout memiliki durasi Cooldown yang cukup panjang sebelum dapat digunakan kembali. Dalam penjuru Skyrim, player dapat menjelajahi Dragon Sanctuary dimana para Dragon bersemayan. Dragon Sacntuary menyediakan beberapa hal yang menjadikan nya patut untuk di buru, yaitu Dragon Soul , Shout Spell, dan Dragon Chest. Shout Spell adalah huruf yang dipelajari Dragonborn ketika mendekati Relief dalam Dragon Sanctuary, tapi player tidak dapat langsung menggunakan Shout baru walau sudah mendapatkan Shout Spell. Karena itu player harus membunuh para Dragon untuk mendapatkan Dragon Soul yang berguna untuk membuka Shout Spell baru. Dragon Chest adalah chest yang dapat ditemui didekat Dragon Sanctuary. Item yang ditawarkan Dragon Chest sangat langka yang tidak dapat ditemui dimanapun dalam Skyrim. Perlu diperhatikan bahwa di beberapa Dragon Sanctuary, player akan menemui Dragon Priest. Dragon Priest adalah penjaga makam para Dragon. Ketika mengalahkan sang Dragon di Dragon Sanctuary, player harus menghadapi pawang dari para Dragon ini. Dragon Priest adalah seorang Undead Mage yang dapat terbang dan memiliki Magic Offense yang cukup tinggi sehingga menjadikan nya lawan yang sulit di taklukan. Jika player telah mengalahkan Dragon Priest, kalian akan mendapatkan topeng yang di kenakan mereka. Topeng ini memiliki unsur Enchanted yang sangat berguna bagi para player.

Salah satu fitur menarik lain nya adalah menambang (minning) . Ya, sesuai dengan judulnya, player sebagai Dragonborn dapat menambang sendiri material untuk melakukan Smithing. Ada beberapa tambang utama dalam Skyrim yang mengandung banyak mineral untuk kalian dapatkan. Jika kalian tidak begitu menyukai untuk menghabiskan waktu dengan hal ini, kalian dapat langsung membeli bahan tambang dari para Blacksmith diseluruh penjuru kota di Skyrim. Yang harus diperhatikan adalah, Tambang yang kalian gali akan habis untuk beberapa saat dan akan ber regenerasi dalam seminggu. Sedangkan item yang kalian beli dari para Blacksmith juga akan habis setelah kalian beli dan di stok kembali sedikit demi sedikit setiap hari. Hal ini juga berlaku untuk setiap item yang kalian beli dari Merchant lain nya.


STRENGTH OR WEAKNESS ?

Setelah membahas begitu banyak fitur yang ditawarkan Skyrim, apa kekurangan dalam Skyrim ?
Game yang diciptakan begitu nyata ternyata mengundang beberapa kontroversi antara player yang memainkan game ini. Seperti yang telah di katakan sebelumnya, tidak ada yang abadi dalam Skyrim, seperti bahan tambang, musuh yang akan hilang beberapa saat setelah dibunuh, serta Gold bagi para Merchant untuk melakukan transaksi dengan player. Ya, merchant memiliki gold yang sangat terbatas sehingga beberapa player yang mengangkut banyak item dalam inventori nya tidak dapat langsung menjual item nya pada sang merchant. Merchant kategori juga berperan dalam game ini, contoh jika ia adalah seorang Blacksmith, ia tidak akan membeli bahan makanan dari kalian. Jika ia adalah Inn Keeper, ia tidak akan membeli senjata dari kalian.

Apakah beberapa hal ini menjadi sebuah kendala bagi player ? atau justru hal ini menjadikan player lebih mengenal dan diharuskan beradaptasi dengan lingkungan Skyrim yang terkesan sangat nyata ?
You Choose !


CONCLUSION

Apakah Skyrim yang dijelaskan diatas sangat rumit dan tidak cocok bagi seorang New Gamer ? jawaban nya ditentukan setelah kalian memainkan game ini. Seiring kalian memainkan game ini, kalian akan lebih mudah beradaptasi dengan ruang lingkup Skyrim. So Let Us Try it !


Related Links :

Skyrim Introduction for Beginners II

No comments:

Post a Comment